PERSIAPAN BIOGAS DEGISTER

Adik Wijaya 14 Mei 2019 10:54:38 WIB

Reaktor biogas berfungsi mengubah kotoran binatang, kotoran manusia dan materi organik lainnya, menjadi biogas. Konsumsi biogas untuk skala rumah tangga antara lain digunakan sebagai bahan bakar memasak dan lampu untuk penerangan. 

Teknik pertanian memiliki kajian pemanfaatan energi alternatif yang bersifat terbarukan (renewable) dan ramah lingkungan. Salah satu jenis energi terbarukan adalah biogas. Industri tahu menghasilkan limbah cair yang dapat dimanfaatkan untuk produksi biogas. Tujuan penelitian: 1). Mengetahui waktu tinggal optimum pengolahan limbah cair tahu menjadi biogas dengan model digester tipe batch dan tipe continuous. 2). Menentukan parameter model disain sebagai dasar perancangan. Penentuan waktu tinggal optimum dilakukan dengan simulasi model digester skala laboratorium dari botol plastik eks botol air mineral 1,5 liter. Limbah cair yang digunakan adalah whey/kecutan dari sisa proses produksi tahu “Tahu Kita”. Parameter disain yaitu: waktu tinggal optimum (Hydraulic Retention Time), hasil produksi biogas, luas permukaan, Kedalaman, dan volume cairan. Karakteristik limbah cair tahu di perusahaan tahu "Tahu Kita" menunjukkan bahwa pH=4,5; Temperatur=300C; Biologycal Oxygen Demand (BOD)=2,928 mg/liter; Chemycal Oxygen Demand (COD)=24.000mg/liter dan Total Solid Suspension (TSS) = 364 mg/liter. Hasil penelitian waktu tinggal optimum digester tipe untuk batch adalah 16 hari dan waktu maksimum penyimpanan 32 hari. Akumulasi tekanan hasil produksi biogas digester tipe batch pada hari ke-16 adalah=3649,32 N/m2. Penggunaan digester tipe continuous menunjukkan bahwa penambahan bahan baru akan menjadikan waktu tinggal optimum lebih lama. Untuk mendapatkan jumlah produksi biogas yang sama dengan jumlah tipe batch, tipe continuous membutuhkan waktu 41 hari.Pengamatan parameter disain menunjukkan bahwa pertambahan kedalaman, luas permukaan dan volume berpengaruh terhadap produksi biogas.

Alhamdulillah di Desa Oro oro ombo bisa menyiapkan untuk kegiatan tersebut, sebagai bentuk energi alternatif dan ramah ligkungan.

Komentar atas PERSIAPAN BIOGAS DEGISTER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Oro Oro Ombo

tampilkan dalam peta lebih besar