Puskesmas Pembantu

Adik Wijaya 17 April 2018 08:35:57 WIB

         Pukesmas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan - kegiatan yang di lakukan puskesmas dalam ruang lingkup  wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan. Pukesmas yang ada di wilayah kabupaten Lumajang ada 18 puskesmas rawat inap dan 7 Puskesmas non Rinap.

        Di Pukesmas Pronojiwo memiliki 3 Pustu dan 2 ponkesdes. Tenaga yang ada di pustu Oro - oro Ombo sejumlah 2 orang. Pelayanan Pustu Oro - oro Ombo terdiri dari dalam dan luar gedung, mempunyai 13 UKBM yaitu 8 posyandu balita,5 posyandu lansia dan 1 pobindu PTM , dengan jumlah penduduk 9639 jiwa. Jumlah kunjungan  pustu  th 2017 sejumlah  3841 orang .

Untuk Program KIA KB masih menjadi program unggulan , karena Angka kematian ibu & angka kematian bayi masih merupakan masalah besar di Indonesia. Dan Salah satu upaya yang dilakukan Depkes untuk mempercepat penurunan AKI & AKB adalah dengan mendekatkan pelayanan kebidanan kepada setiap ibu yang membutuhkannya, sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di puskesmas Pronojiwo pustu Oro – Oro Ombo telah berusaha seoptimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

            Berdasarkan hasil kegiatan tahun 2017 masih ada indikator-indikator program KIA & KB yang masih belum memenuhi target, Untuk itu perlu dilakukan metode-metode terbaru yang harus dilakukan di tahun 2018 supaya semua target bisa terpenuhi dan tidak ada kesenjangan yang signifikan . Dan pencapaian KB dengan metode jangka panjang bisa betambah dan kunjungan dan pemanfaatan pustu lebih optimal.

Metode-metode yang dilakukan bisa berhasil bila ; petugas pustu Oro –oro Ombo memanfaatkan sumber dana dan tenaga seoptimal mungkin, disamping melaksanakan management yang baik dan berkualitas yang diaplikasikan dalam  bentuk POA  2018. Dengan berpedoman pada POA ini maka akan terpilih prioritas masalah yang belum mencapai target dari beberapa parameter pada PWS KIA, KB dan Gizi,  P2M,  Pemberdayaan Masyarakat,  Sanitasi dasar,  Perkesmas dll.

 

BIDAN DESA ORO ORO OMBO

NAMA         : ARI PERISTIWANA

ALAMAT      : DUSUN KEBONAN RT 002 RW 04

TGL. LAHIR : LUMAJANG, 04 JANUARI 1978

 

 

 

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Oro Oro Ombo

tampilkan dalam peta lebih besar